01 September 2015

Ketika kata sabar sudah tidak cukup apa yang harus aku lakukan

Kita pasti pernah mengalami sebuah permasalahan yang sangat besar dan membuat kita berfikir bahwa hidup seakan tidak berarti, entah itu permasalahan yang datang dari keluarga, teman, pacar atau entah itu permasalahan dari lingkungan tempat tinggal, pekerjaan atau sekolah.
Hal itu pasti terjadi dan rasanya menyebalkan, setiap orang yang tau akan permasalahan kita mungkin hanya akan berkata "yg sabar aja ya.." tapi perkataan itu hanya menghibur sedikit, dan kesedihan masih membayangiku. Jadi apa yang harus aku lakukan?

Image by:  www.realistrebel.wordpress.com

Pada dasarnya kamu harus menyadari bahwasanya dalam hidup ujian itu pasti akan terjadi dan terus terjadi. Di antara banyaknya ujian hidup, ujian terbesar adalah saat kehilangan orang yang kita sayangi, rasanya sangat menyayat hati. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menguatkan dan memberi semangat pada diri sendiri.

  1. Menangis sepuasnya atau berteriak sekerasnya lalu diamlah. Menangis atau berteriak sekerasnya mungkin bukan sebuah jalan keluar, tapi jika kamu melakukan hal ini perasaanmu akan sedikit lega dan lebih baik. Luapkan semua kesedihanmu dan biarkan ia terbawa keluar dari dirimu bersamaan dengan jatuhnya air matamu. Menangis adalah anugrah yang di berikan Tuhan kepada manusia untuk meluapkan kesedihan mereka, jadi tidak perlu untuk menahannya karena biasanya yang terjadi adalah semakin kamu tahan rasanya akan semakin sakit. Dan jika kesedihanmu sudah sedikit terlewati, cobalah diam dan lakukan hal di bawah ini.
  2. Tenangkan diri dan tenangkan hati. Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah mencoba untuk menenangkan diri, biarkan fikiran positif masuk kedalam dirimu dan coba singkirkan pemikiran negative. Coba diam sesaat dan fikirkan apa yang terjadi, apa yang membuatmu marah, apa yang membuatmu sedih coba singkirkan itu dan mulailah berfikir apa yang kamu punya dan bisa membuatmu bahagia, selingi setiap pemikiran dengan doa dan percayalah bahwa hal ini sangat membantu dan akan bekerja dengan baik untukmu. Lalu coba diam lebih dalam dan coba tenangkan hati, hilangkan rasa kecewa, rasa takut  rasa khawatir atau rasa curiga. Coba tanamkan perasaan yang baik, perasaan yang membuatmu nyaman dan coba katakan di dalam hati bahwa masih banyak alasan yang bisa membuatmu bahagia, optimislah masa-masa sulit seperti ini akan segera berlalu cepat atau lambat, biarkan hatimu mencari jalan ketenangan itu sendiri. Yang dapat kamu lakukan di masa seperti ini mungkin coba sedikit bermeditasi dan sekali lagi percayalah pada dirimu sendiri dan yakinlah bahwa hal ini sangat membantu dan akan bekerja dengan baik untukmu.
  3. Maafkan diri sendiri dan ucapkan terima kasih. Jangan membebani diri sendiri dengan perasaan berat yang semakin membuatmu tertekan, jika kesedihan yang kamu alami adalah karena kesalahanmu, coba maafkan dirimu sendiri. Seperti saat kamu di tinggalkan orang yang kamu sayangi karena kesalahanmu, jangan terlalu larut dalam penyesalan yang berkepanjangan. Karena penyesalan bukan jalan keluar dan waktu tidak akan pernah bisa di putar. Sekali lagi, coba maafkan dirimu sendiri, dan ingatlah hal indah apa yang kamu miliki lalu ucapkan terima kasih kepada dirimu sendiri. Pada dasarnya, hal ini lebih besar akan merujuk pada rasa ikhlas dan syukur. Ya, ikhlaskan apa yang pergi dan syukuri apa yang masih kamu miliki. Ini sangat berat untuk di lakukan, tapi jika kamu berhasil melewati ini, hidupmu akan berangsur-angsur membaik dan akan sedikit demi sedikit berubah menjadi indah.
  4. Lihat sekitarmu, hey kamu tidak sendiri. Tentunya kamu masih memiliki orang-orang yang menyayangimu, perduli dengan keadaanmu dan patut untuk kamu sayangi, lihatlah mereka lalu coba lakukan hal baik bersama mereka, beri waktu untuk dirimu sendiri untuk sedikit menghibur perasaanmu bersama orang-orang yang menyayangimu seperti sahabat, keluarga, atau orang-orang lain yang bisa memotivasimu untuk melewati masa-masa kesedihanmu. Masih banyak hal indah kok yang bisa kamu lakukan bersama orang-orang baik yang perduli denganmu dan masih berada di sekitarmu.
  5. Mengingat beberapa hal indah lalu lakukan lagi yang lebih indah. Kamu pasti pernah melakukan hal indah yang bisa membuatmu tertawa kan? Atau hal indah yang bisa menyenangkan hari-harimu? Kalau punya, tunggu apalagi? Lakukan hal yang lebih indah dari itu. Dunia itu luas kok, jangan persempit pemikiranmu dengan fikiran-fikiran negatif seperti: "Aku pernah melakukan hal yang sangat indah tapi bersama dia yang telah pergi.." atau hal lain semacam ini. Kamu bisa memulainya dengan teman-temanmu atau keluargamu. Ingat ya, "Dunia itu luaaaaassssssssss.. Dan ada milyaran orang yang menghuninya.. Yang bisa kamu ajak berkenalan, atau kamu ajak berbagi atau banyak hal yang masih bisa kamu lakukan.." :D
  6. Curhat kepada Tuhan sang pemberi kehidupan. Poin terakhir ini sangat penting, karena setiap apa yang terjadi pada kita itu semua pasti sudah di atur oleh Tuhan, semuanya pasti sudah di rencanakan olehNya. Tuhan faham mana yang baik mana yang buruk, kadang memang apa yang kita anggap baik belum tentu baik menurut Tuhan dan apa yang kita anggap buruk belum tentu buruk menurut Tuhan. Coba kembali lagi pada dasarnya, setiap apa yang terjadi itu pasti atas persetujuan Tuhan, jika kamu punya hal baik ya utarakan maksudmu, bilanglah apa yang kamu sangat inginkan kepada Tuhan, berdoalah dengan segenap kerendahan hati minta belas kasihNya dan syukuri apa yang Tuhan beri. Intinya, tetap berprasangka baik kepada Tuhan dan lanjutkan langkahmu dalam hidup. Jika doamu tidak juga terkabul, setidaknya kamu akan mendapatkan ketenangan hati saat kamu mulai dekat dengan Tuhan. Tapi apapun itu, orang yang dekat dengan Tuhannya pasti lebih banyak setiap doanya akan terkabul kok. :) Jadi tetap optimis, tetap positif dan tetap percaya.

Semoga artikel ini sedikit banyak bisa membantu menguatkan perasaan kamu dan memberikan wawasan dan motivasi bahwa masih banyak hal indah yang bisa kamu lakukan dan masih kamu miliki, serta masih banyak orang di sekelilingmu untuk kamu pertahankan dan pantas kamu sayangi. Semangat ya, cepat atau lambat ujian pasti berlalu kok :) setiap ujian yang berhasil kita lewati, itu adalah cara Tuhan untuk menempa kedewasaan kita kok ;) sedikit senyum akan menghiburmu, jika kamu suka dengan artikel ini coba tersenyum sedikit untukku ya :D