11 September 2015

Metode belajar menyenangkan untuk seorang pemalas sekalipun

Belajar adalah sebuah kewajiban bagi seorang pelajar. Tapi terkadang belajar adalah sebuah hal yang sangat malas untuk di lakukan. Lalu apa yang harus aku lakukan? Aku ingin pintar dan banyak pengetahuan tapi aku malas untuk belajar, adakah metode tertentu agar aku bisa tetap pintar?

Image by: el-abad.blogspot.co.id

Ada kok, belajar itu tidak harus memakai cara yang membosankan. Kenapa tidak mencoba cara baru yang sekiranya sangat santai untuk di lakukan, tidak merasa terbebani, dan efisien jika di terapkan.

Berikut ini adalah beberapa metode sederhana dan menyenangkan untuk di lakukan meskipun kamu adalah seorang pemalas sekalipun.
  1. Menulis catatan singkat di tempat yang sering terlihat. Catatan singkat yang di maksud bisa berupa rumus atau sebuah catatan pendek tentang definisi pelajaran. Misal; coba untuk menulis rumus di sebuah kertas kecil seperti (E=MC²) lalu tempelkan di pintu kamar, di depan cermin, di samping layar komputer, atau di tempat lain yang sangat sering kamu lihat. Lalu coba kamu baca catatan itu meskipun hanya sepintas, semakin sering kamu melihatnya maka kamu akan semakin mudah mengingatnya meskipun kamu hampir tidak pernah lagi mempelajari ulang rumus tersebut. Mudah bukan? Hal ini memang sangat sederhana, tapi bisa kamu rasakan manfaatnya. (Pernah berhasil di uji coba oleh diriku sendiri).
  2. Menghiasi kamar dengan poster rumus. Pernahkah kamu berfikir untuk menghiasi kamar kamu dengan sebuah poster yang berisi rumus atau sebuah kalimat tentang pelajaran sekolah? Coba lakukan hal ini, kamu tidak harus mencari dan membeli poster yang sesuai dengan materi pelajaran kamu. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan kertas manila (kertas putih polos seukuran poster) lalu coba menulis sesuatu di poster tersebut dengan ukuran tulisan besar yang sekiranya bisa tetap terbaca meskipun dari jarak 2-3 meter. Ukuran tulisan yang besar akan semakin mudah untuk di lihat dan di baca, seperti ketika kamu sedang tiduran di atas tempat tidur sekalipun kamu masih bisa melihat dan membaca poster rumus tersebut. Intinya masih sama seperti poin pertama, yaitu agar kamu semakin sering melihat rumus tersebut dan semakin sering kamu membacanya. (Pernah berhasil di uji coba oleh diriku sendiri).
  3. Merekam video penjelasan guru di kelas menggunakan ponsel atau handycam. Sebelum melakukan hal ini, ada baiknya kita meminta ijin terlebih dahulu kepada guru yang bersangkutan untuk menghindari kesalahfahaman. Seorang guru pada dasarnya ingin siswa atau siswi yang di bimbingnya bisa semangat belajar dan mudah menerima penjelasan materi yang di berikan oleh guru tersebut. Jadi jangan pernah ragu untuk mendiskusikan cara belajar yang efektif bersama guru kamu. Pada poin ketiga ini bisa menjadi salah satu contoh cara belajar efektif yang bisa kamu gunakan dan diskusikan dengan guru kamu. Coba utarakan maksud dan tujuan kamu untuk merekam apa yang beliau jelaskan agar kamu bisa menontonnya ulang di rumah untuk tujuan belajar atau untuk referensi pembelajaran ketika sedang mengerjakan PR contohnya. (Pernah berhasil di uji coba oleh diriku sendiri).
  4. Menyisipkan rumus di nama teman. Berapa banyak teman yang kamu miliki dalam satu kelas? Pastinya puluhan kan? Apakah kamu mengingat siapa nama lengkap mereka satu-persatu? Sudah pasti ingatlah kan teman sekelas. Sekarang coba lakukan hal ini, sisipkan sebuah rumus matematika atau rumus kimia atau rumus pelajaran yang lainnya pada nama belakang teman kamu. Misal: kamu mempunyai teman yang bernama Ahmad Fahrizal, sisipkan sebuah rumus kecil di belakang namanya menjadi "Ahmad Fahrizal E=MC²" hahaha, itu hanya satu nama teman, seandainya di dalam kelas kamu memiliki 40 orang teman, mungkin kamu bisa mudah menghafalkan 40 jenis rumus yang berbeda. (Pernah berhasil di uji coba oleh diriku sendiri, pernah kejadian aku bertemu dengan salah satu teman SMA lamaku, aku lupa namanya, sempat bingung kalau nyapa mau panggil apa karena aku malah inget nama rumusnya bukan nama aslinya :D).
  5. Membuat yel-yel atau lagu pendek ciptaan sendiri lalu merekamnya. Suka bernyanyi? Jangan jadikan itu cuma sebagai hobi, cobalah untuk membuat kreasi dan motivasi untuk bisa meraup wawasan ekstra dari bakat yang kamu miliki. Kita tentu tahu bahwa segala macam kalimat yang di iramakan (mempunyai nada) akan lebih mudah di ingat daripada kalimat yang di ucapkan secara biasa. Coba fikir, ada berapa puluh atau bahkan mungkin berapa ratus lagu yang kamu sudah hafalkan hingga saat ini? Mulai dari lagu band-band indonesia bahkan lagu dari band-band luar negri yang bahasanya kadang sulit kita mengerti, tapi anehnya kita kadang bisa mudah hafal meskipun hanya mendengarkannya beberapa kali aja. Coba buatlah sebuah lagu yel-yel atau lagu pendek tentang rumus atau definisi sebuah materi pelajaran. Misal: buat sebuah lagu pendek yang berisi kalimat pada pelajaran fisika "Ohhh energi.. Energi..(Jreng jreng) mekanik.. (Jreng jreng) adalah jumlah energi potensial (Jreng jreng jreng) dan energi kinetik.. Hooouwooo wooo.." cara ini memang sangat aneh dan gokil untuk di lakukan :D tapi bermanfaat loh. Waktu ujian dulu aku sering beryanyi dalam hati untuk sekedar mengingat-ingat sebuah definisi pelajaran tertentu untuk mengisi jawaban yang tersedia di soal. Jangan lupa untuk merekam lagu kreatif buatanmu sendiri tersebut dan coba putar sesering mungkin sampai kamu hafal liriknya. (Pernah di uji coba oleh diriku sendiri dan sangat berhasil bahkan sampai sekarang aku masih bisa mengingat beberapa lagu meskipun masa-masa SMA ku sudah lewat sekitar 5 tahun yang lalu :D).
  6. Bermain game penambah wawasan. Suka bermain game lewat ponsel? Bermain game memang sangat menyenangkan bahkan terkadang bisa membuat kita lupa waktu. Coba isi waktu dengan memainkan game penambah wawasan (jaman sekarang game ini tidak sulit di temukan terlebih jika kamu adalah pengguna ponsel android) coba cari di playstore game semacam "Who wants to be a millionaire" atau game "Pengasah kecepatan berhitung" dan lain sebagainya. Cara ini sangat mudah dan menyenangkan untuk di lakukan. (Belum pernah di uji coba lewat ponsel, jamanku dulu ponsel android belum punya. Jadi aku melakukan ini lewat game di komputer).
Demikian metode belajar menyenangkan yang bisa aku bagikan kali ini.
Belajar tidak harus selalu di lakukan dengan cara yang membosankan kok. Coba cari ide-ide kreatif yang bisa kamu lakukan guna memaksimalkan hasil dari apa yang kamu pelajari. Karena semakin kamu senang dengan cara belajar kamu, maka ilmu yang akan kamu serap bisa lebih banyak daripada ketika kamu belajar dengan cara yang membuatmu merasa tidak nyaman dan bosan.

Ada pertanyaan seputar artikel di atas? Berikan komentar di bawah ini ya agar aku bisa menjawab apa yang kamu tanyakan. ;) Semoga artikel ini dapat menginspirasi kamu dan bisa memberi manfaat. Enjoy dan good luck!