24 August 2015

4 Kata sederhana yg dapat mengubah perasaan orang lain

"Kadang, hanya karena sebuah kata.. Seseorang bisa bersikap lebih baik atau lebih buruk, itulah kenapa sebaik-baiknya orang adalah dia yg mampu menjaga lisannya.."
 
Image by: www.hitc.com

Kita pasti pernah mendengarkan orang lain mengucapkan sesuatu kepada kita, baik itu berupa komentar atas sesuatu yg kita lakukan ataupun berupa sebuah ucapan untuk mengutarakan maksud orang tersebut kepada kita. Itu adalah hal biasa yg terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan pasti di alami semua orang bukan? Tapi tahukah kamu bahwa ternyata ada beberapa kata sederhana yg biasa kita ucapkan dan ternyata kata tersebut mengandung arti yg sangat dalam dan mampu mengubah perasaan orang lain yg mendengarkannya? Berikut ini adalah 4 kata sederhana yg dapat mengubah perasaan orang lain di sekitarmu.

  1. Permisi, kata ini sangat sederhana dan mudah untuk kita ucapkan. Selain untuk menghormati atau menghargai orang lain, ternyata efek dari kata ini jika di ucapkan dengan tutur bahasa yg halus bisa mencerminkan bahwa orang yg mengucapkannya adalah orang yg punya rasa sopan dan santun. Seperti ketika kita sedang berjalan di sebuah gang, ada orang yg lebih tua dari kita sedang duduk di depan rumahnya lalu coba rendahkan kepala dan mengucapkan "Permisi pak.." atau "Permisi bu.." beliau pasti tersenyum. Ini mudah dan menyenangkan, kata yg sederhana tapi punya makna yg dalam.
  2. Tolong, saat seseorang minta bantuan kepada kita lalu dia mengucapkan kata ini dengan tutur kata yg halus apakah kita akan menolaknya? Mungkin kamu akan berfikir ulang untuk menolaknya. Dan kata "Tolong.." itu sendiri ternyata mempunyai efek yg sangat besar jika di ucapkan dengan di balut sebuah senyuman, kata ini mencerminkan bahwa pengucapnya mempunyai adab dan sopan santun. Seperti ketika kita sedang di rumah dan meminta tolong adik untuk mengambilkan buku yg jauh dari jangkauan kita "Adik, tolong ambilkan buku kakak di sebelah kamu itu ya.." atau ketika kita sedang memesan makanan dan mengucapkan kata ini kepada pelayan restoran "Kak tolong pesan minumnya satu ya.." kata ini seolah menjadi bentuk penghargaan terhadap seseorang bahwa kita membutuhkan bantuan dan kita menghargai orang tersebut atas bantuannya.
  3. Terima kasih, banyak orang seolah meremehkan kata ini. Tapi efek dari kata ini sangat luar biasa. Seperti ketika kita selesai melakukan sebuah pekerjaan bersama teman kita lalu dia mengucapkan "Terima kasih ya.." mungkin rasa bahagia dari efek kata tersebut akan menutupi rasa lelah karena pekerjaan yg telah kamu lakukan. Dan biasakan untuk mengucapkan kata ini dengan tersenyum kepada orang-orang yg kamu sayangi, seperti "Terima kasih ibu untuk sarapannya.." atau untuk orang-orang yg telah membantumu, seperti "Terima kasih ya karena bantuan kamu pekerjaan ini sekarang selesai.." lalu rasakan manfaatnya. Kata yg sangat sederhana ini seolah menggambarkan bahwa kita telah merasa puas dan bahagia atas apa yg kita dapatkan dari seseorang. Coba ucapkan sesering mungkin dan tersenyumlah lalu rasakan apa yg akan kamu dapatkan setelahnya.
  4. Maaf, kadang banyak orang meremehkan kata yg sangat sederhana ini. Ada beberapa orang bahkan mengatakan "Minta maaf itu mudah.." tapi apa kamu memahami bahwa sebenarnya hanya orang dengan jiwa kesatria yg mau meminta maaf dengan sungguh atas sebuah kesalahan yg pernah dia lakukan dan hanya orang dengan jiwa pahlawan yg mau memaafkan orang yg bersalah atas dirinya. Kata maaf memang hanya sebuah kata yg sangat sederhana tapi minta maaf dan mengakui sebuah kesalahan bukan hal yg mudah, sedangkan memaafkan bisa jadi sebuah hal yg sangat sulit untuk di lakukan tapi cobalah kamu berfikir seandainya kamu yg bersalah, betapa bahagianya perasaanmu jika orang lain bersedia memaafkanmu atas kesalahanmu.
Sudahkah kamu mengucapkan 4 kata tersebut untuk orang-orang di sekitarmu? Terlebih untuk mereka, orang-orang yg kamu sayangi :)