21 August 2015

10 Hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk hidup lebih seimbang

Kita pasti pernah merasakan kejenuhan, entah itu karena pekerjaan atau karena hal lain seperti pendidikan. Sesekali kita perlu untuk melakukan hal sederhana yang bisa sedikit merubah hidup kita, atau mungkin cara berfikir kita agar lebih fresh, optimal dan seimbang.

 
Image by: www.amhardinspire.com

  1. Meluangkan sedikit waktu untuk orang yang kita sayangi, tidak selalu orang yang kita sayangi itu harus pacar atau kekasih. Coba dari yang termudah yaitu orang tua, seperti mengajak orang tua untuk berjalan-jalan, atau coba membelikan sesuatu hadiah untuk mereka. Selanjutnya sahabat :) ya sahabat sangat perlu untuk kita perhatikan, terutama mereka yang sangat dekat dengan kita.
  2. Berjalanlah ke suatu tempat atau lingkungan baru, cobalah untuk berjalan-jalan ke suatu tempat atau lingkungan baru. Cari tempat yang tenang untuk berfikir, seperti sebuah tempat yang penuh dengan nuansa alam dan jauh dari kebisingan.
  3. Ucapkan terima kasih untuk orang yang pantas tapi jarang menerimanya, ini sangat sederhana dan sangat mudah untuk kita lakukan. Seperti terima kasih ibu untuk sarapannya, atau terima kasih untuk pekerjaan yang kita lakukan bersama hari ini. Kalimat ini sangat mudah di ucapkan tapi efeknya kadang bisa menjadi sangat luar biasa bagi yang menerimanya.
  4. Hindari menyimpan kemarahan saat matahari mulai terbenam, kadang ada saja sesuatu hal menyebalkan terjadi yang membuat kita merasa marah entah itu dari lingkungan kampus atau lingkungan pekerjaan. Dan kadang yang kita lakukan malah membawa kemarahan itu ke rumah. Hey, ini tidak seburuk itu kok :) cobalah mengingat hal menyenangkan yang pernah kamu lakukan dengan orang yang membuatmu marah. Atau mengingat hal menyenangkan lainnya, nikmati hidupmu dan buat tidur atau waktu istirahatmu lebih tenang tanpa memikirkan hal-hal buruk.
  5. Tanamkan sifat positif dan menyenangkan di dalam hati, seperti yang kita ketahui bahwa sebenarnya tindakan itu mengikuti perasaan. Jika perasaan kita buruk, kita merasa bad mood atau merasa bosan kebanyakan efek perasaan itu akan berimbas pada apa yang kita lakukan. Banyak orang melakukan sebuah pekerjaan mudah tapi dia mendapatkan hasil yang tidak memuaskan karena hal ini, dan aku pernah mengalaminya.
  6. Jangan terlalu memaksakan hal yang sangat sulit untuk kita lakukan, menggali sebuah kemampuan pada diri sendiri itu adalah hal yang sangat penting tapi tidak semua orang bisa melakukan semua atau banyak hal sendirian. Seperti kita melakukan sesuatu yang sebenarnya kita tidak bisa, kita sudah berusaha dan mencoba tapi tetap tidak bisa. Contohnya saat kita sakit kita berfikir bisa menyembuhkan diri sendiri tanpa pergi ke dokter padahal bidang yang kita kuasai adalah pertanian dan sama sekali tidak ada keahlian di bidang kesehatan. Setiap orang punya bidangnya masing-masing, coba berfikirlah apa bidang yang tepat dan cocok untukmu, yang menyenangkan untuk kamu lakukan dan bisa untuk kamu kembangkan.
  7. Luangkan waktu untuk dirimu sendiri, hal menyenangkan bisa datang darimana aja. Coba lakukan hal menyenangkan yang kadang kamu merasa itu tidak penting, seperti main game, menonton film atau pergi keluar untuk menonton acara yang menyenangkan seperti konser, kesenian kebudayaan, atau bahkan melakukan hal konyol dan lucu untuk membuat diri sendiri tertawa, dan tentunya hal ini sangat menyenangkan untuk kita lakukan bersama orang yang kita sayangi.
  8. Cari waktu yang pas dan tempat yang tepat lalu cobalah untuk berkomunikasi dengan Tuhan, berdoa itu pasti sedangkan beribadah itu wajib dan bersyukur itu adalah cara sederhana kita untuk berterima kasih atas apa yang Tuhan beri. Coba cari waktu yang tepat dan sesuai dengan dirimu sendiri, tapi waktu utamanya biasanya malam. Waktu yang pas, sepi, dan kita berfikir apa yang tepat untuk kita lakukan, renungkan seperti apa yang kita lakukan. Ini mudah dan menyenangkan :) optimislah, Tuhan selalu melindungimu dan mencukupkan segala kebutuhanmu.
  9. Berolahraga kecil untuk mengoptimalkan energi, ini mungkin bisa jadi sebuah hal yang sangat membosankan dan malas untuk kita lakukan. Tapi apa salahnya? Bukankah kesehatan adalah salah satu kebutuhan utama setiap manusia. Tidak perlu mengeluarkan banyak waktu, cukup berlari kecil atau berjalan sedikit lebih jauh di sekitar lingkunganmu. Dan coba untuk menyapa beberapa orang yang kamu temui, perhatikan apa yang orang lain lakukan jika itu lebih baik maka belajarlah dari pandanganmu tapi jika itu lebih buruk maka bersyukurlah kamu punya lebih banyak hal baik yang bisa kamu lakukan dan atas apa yang kamu miliki.
  10. Lakukan apa yang kamu kerjakan dan selesaikan itu, cara memulai yang paling baik adalah dengan berhenti berbicara dan mulai melakukan. Coba lakukan dan coba berbuat lebih baik lalu selesaikan. Mungkin rasa malas akan membayangi kamu, tapi coba ingat banyak hal menyenangkan yang akan terjadi jika kamu telah melakukan pekerjaanmu dan kamu mampu menyelesaikannya. Tetap optimis bahwa ini mudah dan akan menyenangkan jika sudah selesai.
Hidup itu indah, meskipun tidak selalu. Tapi tetap optimis bahwa setiap hal baik apapun yang kita lakukan itu pasti akan berakhir dengan indah meskipun melewati jalan yang sulit atau dengan hal-hal yang sederhana.