06 September 2015

Berhenti berkata "Seandainya" dan mulai wujudkan mimpi

Setiap orang pasti punya mimpi, menjadi kenyataan atau tidaknya mimpi tersebut semua tidak lepas dari peran utama dan hal apa saja yang sudah di lakukan oleh orang itu sendiri.Ada kalanya kita menyesal dan berfikir "Kenapa aku tidak melakukannya dari dulu?.." yang pada akhirnya akan timbul pemikiran "Seandainya saja.." hey, hilangkan itu. Apa yang ingin kamu lakukan, seandainya itu masih bisa di lakukan kenapa tidak coba untuk mulai melakukannya sekarang?


Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu kerjakan untuk mulai menghidupkan dan mewujudkan mimpimu, coba lakukan ini dan rasakan hasilnya:
  1. Jangan terlalu menunggu persiapan. Mempersiapkan segala sesuatu dan memikirkannya secara matang adalah hal yang perlu untuk kita lakukan sebelum memulai sesuatu, tapi jika kita banyak menghabiskan waktu hanya untuk menunggu persiapan tersebut selesai, yang ada kamu hanya sedang membuang waktumu. Coba beraksilah sekarang, cari beberapa benda sederhana di sekelilingmu yang dapat kamu gunakan dan mulailah mengerjakan apa yang kamu impikan. Menunggu persiapan selesai bisa kita lakukan sambil mengerjakannya terlebih dahulu.
  2. Tanamkan kepercayaan kepada diri sendiri. Kegagalan adalah hal yang pasti akan di temui setiap orang, kebanyakan orang banyak menunda-nunda sesuatu karena takut akan sebuah kegagalan. Tapi yang harus kamu tahu "Bagaimana bisa kita tahu hasilnya kalau mencoba saja tidak pernah? Takut gagal? Hey, ketakutanmu hanya membuang waktu yang kamu miliki.." percayalah pada diri sendiri. Jika menemui kesulitan cobalah cari referensi. Dunia ini luas mas bro/mbak bro. Banyak hal yang bisa kita jadikan referensi, jika kita malas membeli buku lalu membacanya, coba lakukan hal instant yaitu menggali informasi dari internet. Dan jika menemui kegagalan, cobalah cari insfirasi dari kisah orang-orang sukses, lihat video mereka di youtube atau baca kisah sukses mereka dari internet. Hal ini akan membuat kamu merasa semangat untuk mulai melakukannya.
  3. Selesaikan apa yang kamu lakukan. Kadang ketika kita sudah sampai di setengah tahap, kita sering menemui hal-hal sulit yang seolah memaksa kita untuk tidak melanjutkan dan seolah membisikkan kata "Sepertinya aku tidak bisa melakukannya..". Hey, ini sudah setengah tahap! Coba selesaikan, jangan cuma mengakhirinya sampai disini. Coba bayangkan seberapa bahagianya dirimu kalau apa yang kamu kerjakan telah berhasil, rasa puas dan bahagia akan menimpamu.
  4. Lakukan apa yang kamu kerjakan karena kamu menyukainya. Beberapa orang ingin mengerjakan sesuatu karena tergiur akan imbalan yang akan dia dapatkan jika dia berhasil mengerjakannya tanpa dia memikirkan tentang apa yang dia kerjakan sebenarnya dia sukai atau tidak. Sebenarnya rasa malas lebih banyak tumbuh dari sini, ketika kita sedang mengerjakan sesuatu tiba-tiba merasa malas atau seolah jenuh, itu karena tidak terlalu menyukai apa yang kita sedang kerjakan. Pada dasarnya memang mengerjakan sesuatu akan lebih mudah jika kita menyukainya. Tapi tanpa ada rasa suka semuanya akan jadi lebih sulit.
  5. Jangan terlalu terburu-buru dan nikmati setiap prosesnya. Apakah impian kita punya deadline? Misalnya: "Aku ingin sukses, aku ingin kaya, aku ingin karirku cemerlang tapi dalam waktu singkat.." ahh, bagaimana bisa kita terlalu membayangkan hal itu jika melakukannya saja hanya setengah-setengah atau terlalu terburu-buru? Beberapa orang suka menginginkan sesuatu secara terburu-buru atau melalui proses yang instant tapi yang terjadi dia tidak konsisten dalam melakukannya, coba lakukan sedikit demi sedikit saja tapi secara konsisten dan terus menerus di lakukan. Hal ini akan mempermudah kamu untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari apa yang kamu kerjakan terlebih saat kamu dapat menikmati setiap proses yang kamu kerjakan. Ini di perlukan agar sekali lagi kita bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari apa yang kita kerjakan. Enjoy aja.. Toh mimpi kita ngga punya deadline.
  6. Lihat suasana hatimu dan carilah waktu terbaik. Melihat suasana hati itu sangat di perlukan ketika kita hendak melakukan sesuatu dan menginginkan hasil yang maksimal, beberapa orang ingin melakukan sesuatu tapi tidak melihat suasana hati mereka. Hal ini akan berpengaruh pada hasil yang akan kita dapatkan lho! Jadi lihatlah suasana hatimu terlebih dahulu, kamu pasti akan menemukan rasa kenyamanan untuk melakukan sesuatu ketika suasana hati sudah merasa pas dan saat kamu mulai mengerjakan apa yang kamu ingin kerjakan, maka ide-ide kreatif akan muncul berdasarkan mood atau suasana hati. Dan coba carilah waktu dan tempat terbaik untuk memulainya, seandainya kamu ingin melakukan sesuatu dan hal itu sangat menggebu-gebu, ingin kamu lakukan sekarang, hey lihatlah waktu dan tempatnya. Idemu bakalan buyar kalau waktu dan tempatnya tidak sesuai.
  7. Pusatkan konsentrasi dan jangan mudah terganggu oleh hal-hal kecil. Ketika kita mulai mengerjakan bagian dari apa yang ingin kita kerjakan, hal yang harus kamu perhatikan adalah coba untuk memusatkan konsentrasi. Fokus itu di perlukan agar kita lebih teliti dalam melakukan apa yang kita kerjakan demi mendapatkan hasil yang maksimal, jangan mudah terganggu oleh hal-hal kecil seperti; sudah mulai melakukannya tiba-tiba ada sms atau pemberitahuan dari sosial media lalu kamu berfikir untuk melihatnya hanya sebentar saja. Haduh, yang ada hal ini akan membuat ide-idemu kabur dari kepalamu. Coba jauhkan hal-hal kecil yang berpotensi mengganggu konsentrasimu, simpan dulu itu dan fokuslah sama apa yang kamu kerjakan.
  8. Coba lakukan start dari bagian termudah terlebih dulu. Bagian yang sulit dari apa yang ingin kita kerjakan  pasti akan kita temui, tapi coba selesaikan dulu bagian termudahnya. Jika bagian termudahnya mampu kamu lewati, maka bagian tersulit sekalipun nantinya akan ada penyelesaian untuk kamu lewati.
  9. Carilah referensi untuk memperkaya wawasan. Ya, ini sangat perlu untuk di lakukan agar apa yang kita kerjakan bisa selangkah lebih maju. Ketika mengerjakan sesuatu mungkin di tengah jalan akan menemui "Rival" atau saingan, secara garis besar mereka mempunyai kekuatan yang besar dan yang kecil. Cobalah untuk menggali wawasan yang kamu punya, coba belajar dari mereka dan mencari informasi bagaimana mereka bisa sesukses itu dalam menekuni bidangnya. Usahakan apa yang kamu kerjakan lebih hebat daripada mereka, ini mungkin akan sangat sulit tapi di sinilah salah satu letak tantangannya. Dan jika kamu mampu melewatinya, percayalah ini akan jadi bagian yang sangat menyenangkan.
Apa yang kita lakukan hari ini akan sangat berdampak pada masa yang akan datang, jadi hemat waktumu, pergunakan waktumu sebaik yang kamu bisa, berfikirlah optimis dan lakukan hal-hal terbaik. Lakukan selagi kamu bisa melakukan, tetap semangat dan jangan berhenti berusaha :)

Terinsfirasi dari keinginan untuk membuat usaha tempat makan sate kecil-kecilan, dan ingin menghasilkan kesuksesan dari situ. ~Fresya